Membuat sebuah situs website toko online atau dengan nama e-commerce sendiri memang begitu mudah, bahkan sebagai pemula bisa Anda dapatkan secara gratis. Tradisi berbelanja secara online kini memang sudah menjadi trend berbelanja tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang yang berpendapat bahwa berbelanja online tak hanya menghemat waktu, tetapi juga lebih leluasa ketika memilih produk sesuai keinginan. Apalagi dengan banyaknya marketplace yang semakin bermunculan di Indonesia saat ini, membuktikan di mana potensi jualan online begitu tinggi di negara kita. Bahkan bisa melakukan transaksi hingga milyaran rupiah terjadi untuk tiap harinya.

Adapun keuntungan untuk mempunyai sebuah lapak online sendiri yaitu biaya sewa relatif murah, tak perlu mempekerjakan banyak pegawai, tak harus mempunyai barang sendiri, serta jangkau pasarnya lebih luas tanpa adanya batasan area. Hal yang perlu dipersiapkan ketika membangun sebuah toko secara online dan gratis adalah email yang masih aktif dan valid, template pada toko jual online serta persiapan dari foto produk untuk dipajang. Selain itu, dengan memiliki toko atau lapak online Anda pun berkesempatan untuk dapat bergabung dengan para komunitas bisnis agar bisa saling sharing mengenai bisnis yang Anda jalankan secara online.

Langkah-Langkah Membuat Situs Jual Beli Online

Bagi Anda yang penasaran tentang usaha online yang satu ini dan ingin membuat situs online untuk jual beli, maka Anda pun tak perlu khawatir. Berikut kami berikan tutorial yang simpel dan sederhana bagaimana cara membangun atau membuat situs jual beli online :

  • Membuat Blogspot atau Website Gratis

Langkah awal membangun sebuah situs jual beli online yaitu Anda wajib membuat blog atau website terlebih dulu. Jika Anda memiliki sebuah blog atau situs web kini saatnya untuk mengubahnya sebagai situs jual beli online baik melalui Blogger ataupun WordPress. Adapun cara untuk mendaftarnya sebenarnya sangatlah mudah dan juga gratis.

  • Download Template Situs Jual Beli

Langkah selanjutnya yaitu Anda wajib memasang template situs jual beli online yang telah di download di blog maupun website yang baru Anda. Caranya sebenarnya begitu mudah seperti halnya dengan menginstall template biasanya. Anda bisa melakukan loggin menuju blogger, lalu pilih blog untuk dipasangi oleh template, kemudian klik template lalu cadangkan pulihkan. Setelah itu, klik pilih template lalu pilih upload kemudian biarkan dan tunggu hingga proses untuk upload pun selesai. Selanjutnya lihat tampilan untuk toko baru Anda.

  • Melakukan Posting produk

Untuk membuat artikel di situs jual beli online tentunya agak berbeda dengan artikel di blog-blog biasanya. Dalam situs jual beli online ini, Anda wajib menyertakan deskripsi produk, foto produk dan harganya secara lengkap. Pastikan Anda menyertakan informasi mengenai produk secara lengkap, agar konsumen pun merasa puas dengan produk yang Anda tampilkan. Sehingga mereka pun tertarik untuk membelinya.

  • Promosikan Situs Jual Beli Online Anda

Langkah yang berikutnya adalah Anda harus mempromosikan situs jual beli yang telah dibuat. Entah itu berupa promosi secara gratis ataupun promosi dengan memerlukan uang tambahan. Adapun media promosi secara gratis bisa Anda lakukan lewat instagram atau facebook. Sedangkan untuk promosi berbayar sendiri Anda dapat memasang banner, baik di Google Adsense ataupun blog. Jika Anda sudah menguasai trik promosi jualan online dengan baik ini, maka Anda pun bisa menjadi pengusaha bisnis online.