Jakarta -Pernah tidak isi dompetmu menipis saat akhir bulan? Bahkan untuk biaya makan dan transportasi ke kantor saja benar-benar tidak ada? Tapi tidak enak rasanya kalau minta uang ke orangtua, padahal tanggal gajian masih lama.

Nah, itu artinya perlu bagi kamu untuk mengecek kembali pengeluaranmu sehari-hari, kebutuhan hidup itu memang banyak, dan kita harus pintar-pintar menyisiasatinya, mulai dengan mengatur lagi keuangan kamu dengan teliti.

So simak nih tips-tips mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan untuk menjaga isi dompetmu tiap bulannya.

1. Buat Daftar Belanja dan Batasi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Penting banget lho mencatat keperluan kamu selama sebulan, dan sebisa mungkin menahan keinginan untuk keluar belanja sama teman-teman. Bukan berarti tidak gaul, kamu juga boleh hangout kok, tapi sebelum jalan coba buat daftar belanja, dengan demikian kamu enggak akan mengalami over budget.
Ini penting, karena kalau kamu enggak membuat daftar belanja, kemungkinan besar untuk kebablasan membeli barang-barang yang tidak penting akan terjadi.

2. Sisihkan Uang di Awal Bulan

Setelah mencatat pengeluaran pokok bulanan, targetkan segala keperluanmu untuk satu bulan. Paling tidak 25% dari gajimu. Sesudah itu jangan lupa simpan uang-uangmu di tabungan, dan buat komitmen supaya tak menggunakannya kecuali untuk keadaan darurat.

Tapi sebelum menentukan uang tabungan untuk bulan itu, pastikan dulu kamu sudah memperhatikan pengeluaran pokok dengan baik.

3. Hindari Utang dalam Bentuk Apapun

Hindari segala bentuk utang seperti kartu kredit, pinjaman uang ke teman atau jenis-jenis kredit lainnya. Sebaiknya pikirkan lagi jika kamu berniat untuk membeli barang secara kredit.

Jika ingin berkredit pertimbangkan lagi dengan pendapatanmu setiap bulannya. Jangan sampai kamu terlibat dalam pembayaran bulanan yang terlalu besar

4. Hemat Pulsa dan Internet

Di masa kayak begini salah satu faktor yang membuat uang kita cepat habis adalah pulsa dan paket internet. Nah, Sebaiknya buat target bahwa selama sebulan kamu tidak menghabiskan lebih dari 1 kali pemakaian. Misalnya untuk pulsa Rp 50 ribu dan paket internet Rp 100 ribu sebulan. Jangan sampai membuatnya jadi berkali lipat kalau keuanganmu tidak mau kritis.

5. Rela untuk Irit Uang Makan

Biaya makan menjadi salah satu pengeluaran yang paling bikin bokek. Apalagi kalau kamu biasa makan enak. So, tiap akhir bulan kamu harus rela untuk irit pengeluaran makan. Tidak perlu mahal, asalkan perut kenyang tidak masalah kan? Jangan terlalu report lah untuk urusan perut.

6. Sisihkan untuk Investasi

Kalau kondisi keuanganmu beneran sudah baik kembali, ada baiknya sisihkan sebagian uangmu untuk investasi. Beberapanya seperti membeli emas atau bahkan investasi dalam bentuk usaha. Tapi dalam membangun bisnis kamu perlu berhati-hati, karena banyak banget kendalanya, so, belajar dulu ya sebelum berbisnis.

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan hingga dapat bertahan sampai akhir bulan. Semoga bermanfaat

Ingin mendapatkan tips Bisnis dan Keuangan yang menarik lainnya? Kunjungi (https://laruno.com/).